-->

IBX5A740B417051C

Friday, January 29, 2016

Ketika KeyBCA Tidak Sinkron dengan User ID


Token BCA atau KeyBCA

Ini adalah kejadian kedua saya mengalami KeyBCA yang tidak sinkron dengan user ID KlikBCA sehingga terjadinya kegagalan transaksi pada internet banking. Dan yang aneh keduanya terjadi di hari Jumat, sebelum shalat Jumat pula. Kira-kira satu jam sebelum dimulai shalat Jumat.

Penyebabnya? Untuk kasus yang pertama saya kurang tahu karena saat itu tidak melakukan penelusuran lebih dalam, tetapi untuk yang kedua saya sepertinya tahu apa penyebabnya. Lama tidak dipakai sekitar 6-7 bulan, itulah penyebabnya. Dalam kisaran bulan tersebut kebanyakan saya hanya bertransaksi menggunakan BCA KlikPay yang tentunya lebih mudah tanpa menggunakan token atau untuk BCA disebut KeyBCA ini. Sepertinya kasus yang pertama penyebabnya sama juga.

Yap, sekarang bagaimana solusi atau cara mengatasinya? Saya beritahu kedua cara saya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

CARA PERTAMA

Ini adalah cara yang saya pakai hari ini, yaitu cara yang paling umum digunakan. Caranya kita pergi ke cabang BCA terdekat untuk menukarkan KeyBCA yang tidak sinkron tersebut. Kebetulan karena ini hari Jumat dan belum mempunyai pekerjaan di dunia nyata, saya putuskan ke cabang BCA terdekat setelah shalat Jumat.

Sebelum berangkat ke kantor BCA terdekat, saya pastikan dulu apakah KeyBCAnya benar-benar error dengan cara mencoba melakukan transaksi kembali di klikBCA. Ternyata masih sama seperti sebelum shalat Jumat tadi, terdapat pesan error ketika melakukan apply 1, "ANGKA YANG ANDA MASUKKAN DARI KEYBCA ANDA SALAH. SILAHKAN MEMASUKKAN ANGKA YANG BENAR."

ANGKA YANG ANDA MASUKKAN DARI KEYBCA ANDA SALAH. SILAHKAN MEMASUKKAN ANGKA YANG BENAR

Jika menemui pesan error seperti ini, jangan sampai memaksa sampai dengan 3x karena akan mengakibatkan akun klikBCA Anda terblokir. Jika memang penasaran cobalah cukup sekali lagi (total 2x), kemudian jika memang masih terdapat persan error segera logout terlebih dahulu. Kalau memang ngotot Anda telah memasukkan angka yang benar boleh login lagi dan mencobanya lagi. Masih error? Ya itu memang KeyBCAnya tidak sinkron dengan user ID Anda, bukan karena Anda salah memasukkan angka. Segera hentikan itu semua jika Anda masih ingin menggunakan cara ini.

Segeralah saya pergi ke kantor BCA di dekat Lapangan Rampal. Berhubung ini hari Jumat, apalagi hanya beberapa saat setelah shalat Jumat, saya yakin antriannya pasti akan sedikit. Kemungkinan sepi pasti lebih besar daripada BCA pusat di Jalan Basuki Rahmad.

Benar saja setibanya di sana sudah terlihat dari parkirannya hanya terdapat segelintir motor yang terparkir di sana. "Sip, masih sepi", gumam saya. Segera saya parkir motor saya dan menuju ke dalam. Saya sampaikan tujuan saya ke sini kepada satpam yang berjaga di dekat pintu masuk. Dengan segera saya diarahkan ke antrian Customer Service dan diberi nomor antrian.

Nomor Antrian BCA 004Customer Service BCA

Saya mendapat antrian nomor 4. Sedangkan CSnya sedang melayani antrian nomor 2 dan tidak ada orang lain selain saya. Baru setelah saya datang ada 2-3 orang menyusul. Berarti saya next, nomor 3 tidak ada.

Benar dugaan saya, beberapa menit kemudian giliran saya yang dipanggil, dan nomor 3 tidak eksis. Kebetulan CSnya baru 1 kounter saja yang buka. Mas-mas bernama "Mickey" seingat saya yang melayani. Ada papan nama di mejanya. Saya beritahukan bahwa saya ingin mengganti KeyBCA karena tidak sinkron.

Oh, iya jangan lupa siapkan buku tabungan, kartu debit/ATM, KTP/SIM, dan KeyBCA yang tidak sinkron tadi sebelum pergi ke cabang BCA terdekat, karena itu adalah syarat-syaratnya untuk mendapatkan KeyBCA yang baru. Plus uang 10 ribu rupiah jika tidak ingin saldo di rekening anda dikurangi dengan jumlah tersebut.

Kemudian data-data saya dicatat di sebuah lembaran apalah itu, CSnya yang mengisikan. Saya hanya tinggal memberi tanda tangan saja sebanyak 4x. Kemudian CS akan memfotokopi buku tabungan, kartu debit, dan KTP/SIM yang kita bawa tadi. Untuk arsip sepertinya.

Jreng jreng, token baru pun diambilkan, beserta dengan amplop berisi PIN KeyBCA tersebut. Sebelum menggunakan kita disuruh membayar 10 ribu rupiah terlebih dahulu, terserah mau dalam bentuk tunai ataupun pengurangan saldo. Saya pilih pengurangan saldo saja.

Masnya menawarkan untuk sekalian aktivasi KeyBCA sekalian. Ya okelah, login ke KlikBCA seperti biasa, pilih menu Administrasi kemudian aktivasi KeyBCA. Ada 3 baris seingat saya, tapi kita cukup mengisi 2 yaitu nomor kartu debit dan nomor serial KeyBCA yang baru, satu baris lainnya (baris teratas) saya tidak sempat melihatnya karena fokus mendengar panduan dari CS. Yang jelas sudah terisi, mungkin itu user ID KlikBCA kita.

Saya tanyakan kapan kira-kira bisa digunakan. "Besok pagi sudah bisa digunakan mas," kata CSnya. Well, saya ok-ok kan saja daripada tambah lama urusannya. Saya ucapkan terima kasih dan beranjak pulang.

Parkiran BCA Dekat Lapangan Rampal

Di dalam perjalanan pulang saya sambil berpikir, "Besok pagi itu harusnya paling lama, bukan besok baru bisa," kata saya dalam hati. Mengapa? Mirip kasus yang dulu walaupun beda penyelesaian.

Setiba di rumah langsung saya coba melakukan transaksi. Tadaaaa, berhasil. Kesimpulannya memang maksimal 1x24 jam.



CARA KEDUA

Yang kedua ini adalah kasus saya yang pertama. Saat itu karena saya benar-benar yakin bahwa telah memasukkan digit angka pada KeyBCA dengan benar, saya tetap paksakan hingga 3x. Langsung saya melongo melihat itu. Apalagi satu jam lagi sudah mau shalat Jumat (lagi-lagi terjadi pada hari Jumat). Tertulis peringatan seperti ini :

USER ID ANDA TERBLOKIR
SILAHKAN HUBUNGI HALO BCA

NOMOR REFERENSI : XXXXXXXXX-XXXX-XXXX-XXXX-XXXXXXXXXXXX

Haaa, ini bukan salah saya man! Dengan perasaan dongkol saya telepon Halo BCA. Saya jelaskan kronologinya dan ingin membuka kembali akun KlikBCA yang telah terblokir. Kita akan ditanya mengenai data-data yang kita isikan ketika membuka rekening dulu. Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama ibu, jenis kartu debit, dsb. Kemudian akan diberitahukan bahwa dalam 1x24 jam setelah kita aktivasi ulang dari mesin ATM BCA, user ID KlikBCA kita akan diaktifkan kembali.

Ya ya, ok. Lagi-lagi setelah shalat Jumat saya harus mengurusi beginian, pergilah saya ke ATM BCA di daerah Purwantoro. Lupa menu yang mana, yang jelas "Lain-Lain" kemudian aktivasi internet banking. Semacam itu.

Lima sampai sepuluh menit kemudian saya coba di rumah untuk login ke KlikBCA. Eh, sudah aktif. Dan saya coba transaksi bisa. KeyBCAnya secara "sakti bin ajaib" sinkron kembali dengan user ID saya. Tidak perlu repot mengantri ke kantor BCA, hanya saja biayanya sepertinya sama kisaran 10 ribu rupiah, karena kita harus menelpon Halo BCA.

Tetapi cara ini saya kira cukup praktis terutama jika Anda sibuk dan hanya mempunyai sedikit waktu luang. Daripada harus mengantri lama-lama di kantor BCA mending memaksakan agar user ID KlikBCA terblokir dan mengikuti step di atas. Toh sama saja, apa bedanya user ID terblokir dengan tidak bisa menggunakan KlikBCA untuk transaksi karena token tidak sinkron?

Bisa juga digunakan ketika kantor BCA libur. Yang penting harus ada mesin ATM yang dekat dengan posisi Anda sekarang. Saya sempat Googling juga sebelum menulis tulisan ini tentang problem serupa yang dialami orang yang sedang berada di luar negeri. Cara ini bisa dicoba. Tentunya jika pilihan aktivasi internet banking nantinya bisa diakses di mesin ATM luar negeri ya. Good luck!

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

2 comments:

  1. Kasus ku sama Seperti ini, dan sempat terblokir.. terus di reset ulang dan bisa di buka lagi ID nya.. tetapi untuk transaksi masih sama seperti sebelum terblokir, key bca masih tidak singkron..dengan keterangan "ANGKA YANG ANDA MASUKKAN DARI KEYBCA ANDA SALAH. SILAHKAN MEMASUKKAN ANGKA YANG BENAR." .. ada cara lain tidak pak.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan

      Kemungkinan pertama adalah Anda salah memasukkan 8 nomor yang harus dimasukkan ke dalam keyBCA (pengalaman)

      Kemungkinan ke-2 adalah keyBCA Anda sudah tidak sinkron dengan akun klikBCA. Solusinya adalah menukarkan keyBCA dengan yang baru.

      Delete

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More