-->

IBX5A740B417051C

Wednesday, March 11, 2009

Alexa Rank Turun Drastis

Sebenarnya sudah lama sih ingin post ini, tetapi kemarin-kemarin lagi malas nulis so akhirnya baru ditulis sekarang. Keinginan menulis ini juga tidak lepas dari komentar ardy33 yang isinya "sob,hati2 alexa kamu turun drastis,pagerank kamu bisa melorot loh....kalo alexa 3jutaan pagerank kamu bisa jadi 0 lagi kalo google update pagerank..."

Saya sendiri sudah menyadarinya semenjak Januari 2009, di mana Alexa rank saya mulai melorot sedikit demi sedikit. Waktu itu Alexa rank saya masih di kisaran 1,0xx,xxx (x=lupa angkanya) dan seiring dengan berjalannya waktu merosot hingga mencapai angka 3,043,967 (terhitung hari ini), padahal kemarin masih 3,004,xxx (x=lupa angkanya).

Mungkin ini semua diawali dengan tidak adanya keinginan saya untuk memposting sesuatu, tepatnya mulai Desember 2008. Tetapi pada saat itu saya kadang-kadang masih melakukan blogwalking dan juga banyak keyword dari Google yang mengarah ke blog saya sehingga Alexa rank saya masih bisa terkontrol. Nah, sejak 1 Januari 2009 saya sudah bertekad untuk tidak mengandalkan blogwalking lagi karena saat itu sudah jarang ngeblog lagi. So, google sajalah yang diandalkan.

Tetapi sekarang banyak keyword dari Google yang dulunya berada di halaman pertama kini terseok-seok di halaman 5++. Hanya tinggal beberapa keyword yang masih nangkring di halaman pertama. Akhirnya mulai awal bulan ini saya putuskan untuk sering posting lagi, setidaknya targetnya 30 post per bulan. Blogwalkingpun saya usahakan lebih sering lagi sekarang dan nantinya bisa seperti dulu lagi (30++ visitors/hari hanya dari blogwalking, belum dari google :D)

Kalau menurut gw sih ada banyak cara untuk menarik pengunjung ke blog kita sehingga dapat menaikkan Alexa Rank, yaitu :
1. Buatlah postingan yang keywordnya bisa berada di halaman 1 pertama Google, setiap ada hal yang baru langsung post aja.
2. Sering-sering aja blogwalking, jangan lupa kasih comment dan meninggalkan jejak kamu di shoutbox mereka.
3. Setiap memberi comment di mana saja (Friendster, Facebook, blog teman, dll.) kasih link yang nantinya menuju blog kamu.
4. Yang suka join forum, taruh aja link yang menuju ke blog kamu di bagian signature (jika ada).
5. Signature email kamu beri juga link yang menuju ke blog kamu (tetapi kalo email rasanya sudah jarang digunakan).
6. Dan lain lain.

Banyak sih cara yang lain kalau menurut saya pribadi, pokoknya pada intinya adalah adanya link menuju blog kamu.

Menanggapi pernyataan ardy33 yang jika alexa rank 3 jutaan page rank nantinya menjadi 0 lagi saya rasa tidak mungkin terjadi. Minimal page rank saya turun menjadi 1, itupun khayal kalau menurut saya. Yang realistis adalah page rank turun menjadi 2. Coz postingan di blog saya dah 50++ dan sudah ada beberapa keyword yang langganan di halaman 1 Google.

Kembali ke masalah turunnya alexa rank saya, mungkin juga karena banyaknya blogger-blogger baru, di mana mereka tentunya sering melakukan blogwalking, sehingga wajar blog saya ini yang semula saya pikir dengan mengandalkan Google saja bisa bertahan ternyata bisa turun juga.

OK la, mulai sekarang saya akan rajin ngeblog lagi biar setidaknya reputasi blog saya ini seperti dulu.

Note : Terhitung sejak xxx (ew lupa de entah akhir Februari atau awal Maret) blog ini ganti template. Bwat yang mau pake template blog ini yang dulu (tema L`Arc~en~Ciel - Nexus 4) ntar kapan-kapan gw post de :).

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

1 comment:

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More