-->

IBX5A740B417051C

Sunday, June 21, 2015

Solusi untuk Mengatasi Android yang Tidak Bisa Bergetar (Vibrate) karena Terjatuh

Vibration Motor pada Smartphone Android

Kejadian ini terjadi bulan lalu, di mana waktu itu kondisi saya masih dalam keadaan setengah sadar karena baru saja bangun tidur. Tangan saya secara reflek mencari smartphone yang biasanya saya letakkan di sekitar bantal. Biasa, untuk mengecek sudah jam berapa sekarang. Saat itu tertera angka 4:30 di smartphone (Android) saya. Sudah waktunya Salat Subuh di daerah saya, karena waktu Subuhnya sendiri sekitar jam 4:15-4:20. Saya pun segera beranjak dari tempat tidur untuk segera berwudu.

Jika biasanya smartphone tersebut saya letakkan kembali di sekitar bantal ataupun di kasur, entah kenapa waktu itu seakan saya ingin membawa smartphone ke tempat saya akan berwudu. Alhasil, karena masih dalam keadaan setengah sadar, baru berjalan sekitar satu meter dari tempat tidur, saya merasakan smartphone saya tersebut menghilang dari genggaman saya. Duukkk...! Bunyi benda jatuh tersebut seketika membuat saya sadar sepenuhnya. Holy shit! Astaghfirullah! Segera saya ambil kembali dan segera mengetesnya. Hmm, masih bisa hidup. "Ok, sepertinya normal saja. Alhamdulillah," gumam saya. Setelah itu saya tancapkan saja ke charger karena memang saya terbiasa men-charge sekitar pagi hari, walaupun biasanya baru saya lakukan sesudah salat. Setelah itu saya biarkan saja sampai baterainya terisi penuh.

Keanehan baru saya rasakan setelah mencoba menggunakannya untuk menulis pesan pada pukul 6:30. Kenapa kok tidak ada getaran ketika saya mengetik di virtual keyboard ? Well, saya pun mengecek apakah saya sudah berada di mode vibrate. Saya lihat icon di atas ternyata sudah.

Tanda Vibrate Aktif pada Smartphone Android

Saya pun mencoba memainkan volume ke mode silent kemudian kembali ke mode vibrate lagi di homescreen. Biasanya akan ada getaran sesaat ketika kita switch ke mode vibrate dari mode lainnya. Ternyata masih tidak ada. Mulai panik.

Karena memang suka mengutak-atik sendiri jika ada barang elektronik yang rusak, saya pun segera mengambil obeng kecil dan membuka membuka mur-mur di case belakang smartphone. Hmm, ternyata casingnya berlapis, semacam membuka laptop Toshiba Satellite. Belum terlihat PCB-nya ketika dibuka lapisan pertama, dan saya pun tidak mau mengambil resiko karena memang belum membackup data-data penting di dalamnya.

Mulai berpikir harus service di mana dan memakai apa sebagai penggantinya. Tetapi karena ada keinginan untuk tidak membawanya ke tempat service, saya pun berpikir cara-cara untuk mengakalinya, karena jika diservice dan ternyata antriannya banyak, mau tidak mau kita harus menunggu setidaknya beberapa hari.

Entah dari mana mulanya, tiba-tiba terpikir cerita khas sinetron Indonesia, di mana ada orang yang kepalanya terbentur oleh berbagai sebab kemudian mengalami amnesia dan bisa menemukan kembali ingatannya setelah kepalanya terbentur lagi.

Langsung saja saya segera membawa smartphone yang sedang sakit ini ke kamar tidur, karena saya membutuhkan kasur sebagai perantara kebejatan yang akan saya lakukan. Ok, yak, siap ? Beberapa yang membaca ini pasti sudah bisa menebak apa yang akan saya lakukan. Sebelum melakukan ritual ini saya menarik nafas dulu panjang-panjang.

"Hiaaaaaatttttt."
"Jeduuuubbbb."

Begitulah suara saya yang sedang membanting smartphone ke kasur dan bunyi yang ditimbulkan oleh dentuman smartphone yang terpantul. Langsung saya ambil kembali dan saya cek apakah getarannya sudah kembali normal. Sadly belum.

Ok, percobaan kedua harus sedikit lebih bertenaga, tetapi tetap jangan sampai smartphonenya terlempar ke luar area kasur.

"Jeduuuubbbbbbb."
"Drttt."

Wow, sepertinya saya mengenali bunyi terakhir yang terdengar dari arah smartphone saya. Langsung saya mainkan tombol volume untuk mengecek apakah benar sudah berfungsi atau belum vibration motornya.

"Drttt."

Oh, yeah. Ternyata memang benar sudah berfungsi vibration motornya. Hahaha, tidak ada ruginya mencoba cara nyeleneh sebelum berangkat ke service center. Bagaimana, apakah Anda mau mencobanya sendiri ? Jika sudah mencobanya lebih dari 100x tetapi belum benar juga, memang sudah saatnya Anda mengujungi service center :D

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

69 comments:

  1. Ga pernah nyangka, caranya bener2 nyeleneh, kinda weird tapi pas di coba alhamdulillah berhasil. WHAHAHA tapi ga dikasur, di tembok, cuma dak dak doang dua kali, dan langsung bisa. Sbenernya udah sering akhir2 ini, tp ntar balik lagi, tapi kali ini baliknya lamaa. Skrg udah bisa, g tau nanti, (smg ga kenapa2;D)
    thanks yo gan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, benar sis.. Sebenarnya ga aneh-aneh amat, soalnya vibration motor biasanya ditempatin di area khusus, jadi ga sampe ke mana-mana klo ada benturan.. Tetapi karena sebelumnya out of position kalau digetokin jadinya ada chance balik ke habitatnya yg benar :D

      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
    2. bener akhirnya bisa cara nyeleneh tapi bisa bergeter lagi makasih jadi uang saya aman tidak untuk buat service hp makasih!!!!!!!!!

      Delete
  2. Anjir bner2 work bray... 2x gw lempar ke kaus mlh balik lagi getarnya.. pdhl mslhnya sma gk bisa gentar...
    makasih infonya brayy

    ReplyDelete
  3. gan bisa sih cuman ntar gitu lagi gimana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya digituin lg bro, hahaha..
      Harusnya ga bakalan rusak lg sih selama hp-nya ga mengalami benturan keras lg alias jatuh.

      Delete
  4. Mesin getarnya sudah longgar, ketika getar tidak mau kembali ke posisi awalnya lagi. Lama kelamaan nanti tidak bisa getar dan harus dibanting terus menerus. Kalo hp saya ketuk sudut kiri bawahnya, mesin getarnya kan dekat sana. Tapi ya masa setiap kali hilang getarnya harus ketuk begini terus? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah longgar dan masih sayang sama gadgetnya ya diservice aja bro :)
      Diketuk/dibanting/whatever namanya itu hanya untuk yang tdk terlalu parah.

      Delete
    2. Kenapa ya keluhannya sama pada merk HP Lenovo? Motor geraknya kalo terjepit sedikit saja susah getar kembali, sampe soldernya saya lepas terus saya solder kembali. Agak ribet juga tapi mau bagaimana lagi. Kira-kira kanibalnya pakai mesin getar HP apa ya yang sesuai?

      Delete
  5. Mantep bro maksih infonya. Setelah ane lempar hp ke jidat mertua langsung kembali bergetar hp sama hati ane bro wahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, efek sampingnya ditanggung sendiri bro..

      Delete
  6. Hahha bener gan...thanks berat dengan cara nyelenehnya,,2 kali banting dkasur lgsng bisa,,sblmnya udh dtepok2 pake tangan ngga bisa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mantap gan. Kebetulan doang padahal nemu cara beginian, eh bisa dipakai sama orang lain jg ternyata.

      Delete
  7. Ane nyoba di lenovo p70 yg getarnya mati ternyata bisa hidup lagi dengan cara nyeleneh gitu hahahaha
    Tapi cuma sementara harus sering di banting ke kasur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau cuma sementara benernya berarti udah perlu diperbaiki handphonenya. Bisa dibuka sendiri atau dibawa ke service hp terdekat.

      Cuma perlu memperbaiki sesuatu yg berhubungan dengan vibration motornya saja.

      Delete
  8. Pnyku lenivo a6000 mau tak bnting diksur tp msh tkut tmbh rusk..kira2 bntgx sbrpa kuat n kedaan hidp ato mti hpx???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah rusak bukankah harusnya nothing to lose mas bro? Hehe,.

      Gini sih, yg penting setelah dibanting ke kasur jangan sampai hpnya terlempar ke lantai. Sebenarnya itu kan yg bikin takut? Jadi ya diatur sendiri kekuatan bantingan, disesuaikan dengan luas kasurnya. Tetapi jika ingin motornya kembali ke posisi awal, harusnya tenaganya sedikit kuat.

      Selamat mencoba.

      Delete
    2. Oh, ya kelupaan. Enaknya dites ketika hp dalam keadaan hidup. Jadi habis banting hp, cek getar. Dst.

      Delete
  9. ppffttt,,, haha gue cuma bisa ketawa gan bacanya,,, kocak n nyeleneh bener tuh tips nya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kadang-kadang hal yang terlihat konyol oleh "orang normal" adalah cara yang ampuh untuk mengatasi suatu masalah :D

      Delete
  10. Anjerr wkwkw bnrnn bisa lol gk dpt di percaya 😂 thanks broo !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sama-sama bro.
      Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
    2. Alhamdulillah saya berhasil. Makasih triknya gan..

      Delete
  11. Aku udh coba cara ini bisa. Tp ga geter lg jd harus sering di banting sama d ketuk pake tangan. Itu kenapa ya ka

    ReplyDelete
  12. Aku bisa pake cara ini, tp kalo getarnya mati lg harus sering d banting dan d ketuk. Itu kenapa ya ka?:'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti "dalemannya" udah longgar banget itu. Diservice aja sih, karena cara ini cuma untuk yang tingkat kerusakannya ringan saja..

      Delete
    2. Ganti motor geraknya pakai yang sama tapi baru,soldernya dilepas, motor geraknya bawa ke toko elektronik, minta beli yang sama, solder lagi ke pcb HPnya.
      Atau kalau posisi mesin getar dengan rangka plastiknya terlalu rapat, dikeruk sedikit pakai cutter rangkanya. Banyak caranya tergantung mau pakai yang mana.
      CARA PALING AMAN: Bawa ke tukang servis kalau tidak mau ambil resiko.

      Delete
  13. Makasih gan.. Solusinya Word ke hp gua Sony z1 compact

    ReplyDelete
  14. Makasih gan.. Solusinya Word ke hp gua Sony z1 compact

    ReplyDelete
  15. Njir cara-nya konyol tp bneran work! Makasih loh bro cerpen-nya :V

    ReplyDelete
  16. Thks tips nya work sekarang HP ane udah bisa getar lagi :)

    ReplyDelete
  17. Aslim barusan. Hp ku jg gx bisa getar. Trus aq baca artikel ini. Hp ku kujatuhkan dan kok tb tb bener lagi. Udah bisa getar. Wkkwkwk. Gx ngerti logikanya dmn. Ahhaha

    ReplyDelete
  18. Haha iya benran bisah hp aq tdi pagi getarnya hilang ini tak banting di guling bisah lagi ahahahhahahah . Gk jadi d jaull mkshh gant

    ReplyDelete
  19. Tnx ya.... udah bisa nih.. emang aneh tapi nyata.. keren.. 😄😄 tnx y sekali lagi..👍👍👍👍

    ReplyDelete
  20. Bangke gan asli langsung work. Thankyou, thuglife banget wkwkwkw

    ReplyDelete
  21. asli langsung berhasil.thanks gan

    ReplyDelete
  22. konyol, tp work.........
    tp ko bisa ya..
    hhee
    thanks gan..

    ReplyDelete
  23. Makasih gann tips nya, tapi gak dibanting. Cuma di ketok" di dinding beberapa kali, pas di tes langsung getar lagi hahahah untung belum ke service center.
    Thankss...

    ReplyDelete
  24. Thank you gan hp ane udah bisa lagi .. ajiiiiibb ... 😂😂😂

    ReplyDelete
  25. Mantep, hp gw geser lagi, 3 kali lempar di kasur. Haha

    ReplyDelete
  26. hahaha, ini aneh tapi nyata, dengan berbekal nekat saya barusan banting hp ke meja kerja dua kali....tadaaaaaaa...bisa lagi...bahaha ini asli kocak, but it worksss!

    ReplyDelete
  27. HAHAHAHAHAHAHA WORK BANGET VROOOOH :v
    MAKASIH BANGET GAN WKWKWK :v

    ReplyDelete
  28. hahahaaa...
    setelah dibanting, getarnya balik lg .
    Agak lucu sebenarnya kalo baca ini 😃

    ReplyDelete
  29. Hahahaa gan mksih yah, prtma gak prcya klo bkal ampuh , eh pas abis banting"hp dikasur getarnya udah balik lg ������

    ReplyDelete
  30. Hahahaa thanks ya gan, awalnya gak prcya tp pas coba"banting dikasur eh hpnya udah getar lg😄😄

    ReplyDelete
  31. Anjir 😂😂😂 berhasil hahahaha gak nyangka sumpah 😂😂😂 tengkyu gan

    ReplyDelete
  32. Lgsung bisa tp knapa ga bisa lagi hiks 😢

    ReplyDelete
  33. Lgsung bisa tp knapa ga bisa lagi hiks 😢

    ReplyDelete
  34. Terima kasih kak�� bisa redmi 4A

    ReplyDelete
  35. Serius, manjuuurr anjir, thanks gan
    Ane cuman neken bagian belakang hape, soalnya hape ane sering digetok :v dan bengkok dikit ke blakang

    ReplyDelete
  36. Pnya ane ngga brhsil gan klo service kra" nympe brapa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya kurang tahu gan. Tapi yang pasti ga mahal-mahal amat.

      Bisa jadi malah hampir mirip kayak cara di atas, cuman perlu dibongkar dalemannya.

      Delete
  37. Guru, Terimalah Aku Jadi Muridmu, Hahahah Sumpah Berhasil, 2 Kali Lempar Ke Kursi, Sekali Ketok Pakai tangan, Kembali Lagi,

    ReplyDelete
  38. Dua kali bantingan.. Langsung work.. Mantab jiwa
    Makasih suhu

    ReplyDelete
  39. Cukup dua kali bantingan.. Its work
    Makasih suhu..

    ReplyDelete
  40. Cukup dua kali bantingan.. Its work
    Makasih suhu..

    ReplyDelete
  41. Kok hp lenovo gua masih gak bisa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tidak bisa berarti gesernya sudah parah. Perlu diservice atau kalau berani buka hp sendiri..

      Delete
  42. nyari vibrator dmna ya yg cocok
    toko elektronik ada apa ngga ya
    kisaran brapa harga

    ReplyDelete
  43. It's true!!! Ngoahahaha. Sekali coba lsg bisa. Pdhal 3 hri ni hp ga ad getar. Jazakallah khairan katsiran, gan. 😃

    ReplyDelete
  44. Kalo terus menerus hilang getarnya gimana?

    ReplyDelete

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More