-->

IBX5A740B417051C

Thursday, January 14, 2016

Akhirnya Sertifikat TOEFL ITP UB Keluar Juga


Sertifikat TOEFL ITP Universitas Brawijaya

Setelah menunggu sekian lama akhirnya sertifikat TOEFL ITP UB (Universitas Brawijaya) keluar juga. Kira-kira tepat menjelang 3 bulan sejak saya mengikuti tesnya. Tidak heran kalau beberapa mahasiswa yang akan wisuda mengeluh akan lamanya sertifikat ini keluar.

Sebenarnya bukan alasan sih, 3 bulan sebenarnya waktu yang cukup jika kita mempersiapkan persiapan wisuda dengan matang. Toh semester akhir biasanya cuma diisi dengan skripsi doang, kalaupun ada kuliah palingan cuma mengulang 1-2 mata kuliah saja. Umumnya itu ya kalau sekarang, kalau dulu sih masih bakalan banyak mata kuliah yang diulang, khususnya Teknik Elektro UB.

Terus kenapa? Ya harusnya kalian melakukan tes TOEFL di awal-awal semester dimana kalian yakin skripsi kalian selesai. Itu pun paling lambat. Dikira-kira saja. Yang bikin heran itu kok ya ada saja mahasiswa yang tidak tahu persyaratan-persyaratan wisuda. Apa tidak cari informasi atau bagaimana? Hehe, ntahlah. Dan lucunya mereka akan menyalahkan ini itu karena tidak cepat atau apalah. Lho, padahal itu salah kalian sendiri karena tidak menyiapkan diri dan mencari informasi.

Kalau saya sendiri hanya mengambil "jatah" gratisan sebagai mahasiswa UB, padahal dulu sudah mengambil TOEIC :p. Hitung-hitung cari kesibukan sebelum wisuda tempo hari.

Ops, iya ada info yang salah dari post saya sebelumnya. Untuk mendapatkan sertifikat kalian hanya perlu mendapatkan skor 450 ke atas, bukan 500 seperti yang saya tulis di post sebelumnya. Jika di bawah itu kalian hanya akan mendapatkan lampiran nilai saja, bukan sertifikat. Wajar sih, karena nilai di bawah 450 hampir dipastikan tidak bisa dipergunakan untuk keperluan apa-apa. Untuk kerja atau mendaftar S2 kebanyakan ya minimal 450 syarat TOEFLnya.

Untuk itulah jangan sia-siakan kesempatan tes TOEFL ITP gratisan ini yang hanya bisa diikuti sekali saja. Kurang tahu ya kalau bisa diakali, tetapi karena tidak ada persyaratan agar mencapai nilai tertentu harusnya cuma bisa sekali saja. Apalagi setelah kalian tes nilainya akan dimasukkan ke SIAM (siam.ub.ac.id). Jadi harusnya ada database untuk mengecek kalian sudah mengikuti tes ini atau belum. Alangkah sayangnya jika tidak mendapatkan nilai 450 ke atas, terutama jika kalian berencana menjadi jobseeker atau melanjutkan ke jenjang S2 setelah menjadi sarjana.

Skor saya? Hehe, ada deh. Yang pasti dapat sertifikat. Dan cukup bisa digunakan untuk melamar pekerjaan ataupun mendaftar S2. Sebenarnya nyesel juga, terutama tes bagian structure dan reading. Manajemen waktu kurang bagus akhirnya beberapa ngawur saja daripada kosong, hahaha. Dan lagi semenjak SMA saya tidak pernah belajar sebelum apa yang namanya tes, ulangan, kuis, atau istilah sejenisnya. Pure hanya menggunakan ingatan dan pengetahuan yang sudah saya ketahui saja.

Sedangkan untuk bagian listeningnya no comment, jujur tidak terbiasa mendengarkan suara nggeremeng akibat terlalu ngebass, kalaupun nggeremeng saya baru bisa mendengarkan dengan jelas ketika menggunakan headset/headphone. Lumayanlah tapi untuk tes pertama yang saya jadikan sebagai try out ini. Kalau butuh skor agak tinggi baru nanti ikut tes lagi :D

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

54 comments:

  1. Kalau sertifikat IT yang dari puskom dapet ga? Kok ga di ulas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang baru saya ga ikut sis. Sudah dapat sertifikat IC3 dan kebetulan lulus semuanya (3 subjek).

      Delete
    2. ooh gitu. Whew keren amat lulus 3 modul. Trus yang udah IC3 ga bisa ikut tes IT puskom a?

      Delete
    3. Seingat saya klo sudah ikut IC3 di SIAM ada keterangannya nanti di bagian APLIKASI>SERTIFIKASI KOMPETENSI IT bahwa kita sudah menempuh IC3 sebelumnya. Jadi kemungkinan tidak bisa, mungkin lho.

      Tes IT puskom yang sis bilang itu dan dilaksanakan di rektorat setahu saya juga memakai embel-embel IC3, saya lihat pengumuman di dekanat teknik sih begitu.

      Delete
    4. ia ni saya udah pernah ikut IC3, tapi ga lulus. di siam juga ada keterangannya gitu, ga ada kolom buat daftar sertifikasi IT.
      trus kalo udah lulus TOEIC ga perlu ikut tes TOEFL ITP ya mas?

      Delete
    5. @Amilia Agustin
      Untuk IC3 mungkin karena sekarang peraturannya cukup menempuh saja, jd tdk perlu mengulang lg.

      Untuk TOEFL ITP saran saya lebih baik diikuti saja walaupun sudah lulus TOEIC, saya pun begitu soalnya. Kalau lulus dengan nilai memuaskan akan cukup berguna ke depannya. Kalau masih bisa tp ya, lumayan kan gratisan :D

      Delete
  2. Mas maaf mau tanya, kalo daftar wisuda pake sertifikat toefl prediction boleh ndak mas ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, setahu saya sih ngga boleh dik. Harus ikutan TOEFL ITP yang diadain UB, ngga boleh yg diadakan lembaga lainnya, karena kan ada datanya di SIAM yg ikut atau tidak.

      Btw gratis kok, daftar aja secepatnya :)

      Delete
  3. maaf mas mau nanya. kalo mau daftar test toefl ini langsung ke gedung inbis kah? ada berkas2 yg perlu dibawakah? dan beneran gratis? soalnya temen saya ada yg bilang bayar sekitar 500rb-an. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gratis kok. Soalnya TOEFL ITP ini salah satu syarat wisuda, jadi para mahasiswa UB bisa daftar secara cuma-cuma.

      Cukup beberapa data pribadi cukup kok (Nama, NIM, Jurusan, No. HP, dan sejenisnya).

      Delete
  4. halo. mau nanya.. untuk pengumuman nilainya apakah sudah keluar atau belum bis kita lihat dimana ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ditanyakan langsung ke pihak penyelenggara ya. Kalau waktu saya dulu ada pengumuman tentang bisa diambil di mana sertifikatnya nanti sesaat sesudah pelaksanaan TOEFL.

      Kalau untuk Fakultas Teknik ada di gedung dekanat lantai 4, untuk fakultas lain bisa ditanyakan rekan-rekannya :)

      Delete
  5. wah mantap gan, akhirnya dapat juga.
    Saya bukan mahasiswa UB, dan sedang di Malang untuk sebulan ini. Apa bisa mengikuti TOFL ITP di UB ini? Atau mungkin saudara ada sedikit saran? Mohon bantuannya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu bisa, tapi sayangnya sekarang sudah tidak bisa.

      Beberapa waktu yang lalu teman saya yang sudah lulus kuliah coba menanyakan tentang hal itu karena sertifikat yang dia punya sudah expired. Eh, katanya orang INBIS tidak bisa.

      Mungkin bisa dicoba di jurusan bahasa UB/UM gan.

      Delete
    2. oh begitu ya, waduh.
      tapi maksudnya hanya yang dari fakultas agan ini ya yang sudah tidak melayani orang luar?

      jadi sebaiknya saya coba dari jurusan bahasa bgtu
      hmm

      trims gan
      sukses selalu

      oh iya klo boleh tahu, cara daftar nya bagaimana ya? telpon ke jurusan bahasa UB langsung?

      Delete
    3. Bukan fakultas saya saja gan, tapi UB secara global. Itu dulu sebenarnya ITC cabang Malang numpang di gedung INBIS milik UB, jadi orang umum jg bisa di situ. Sekarang ITC cabang Malang udah pindah ke Jl. Arjuno 20C, jadinya klo orang umum ya harus ke sana.

      Tapi ya itu gan, ngga ramah di kantong klo langsung ITC, hehe. Iya telpon bisa jg gan, tp lebih enak sih langsung ke tempatnya aja, sekalian jalan-jalan lah :D

      Kata teman saya sih lebih direkomendasikan ke bahasa UM aja gan kalau untuk umum..

      Delete
    4. oh trnyata bgtu tho, jadi dlu ada TOEFL ITP di UB karena ada ITC nya itu? hmm

      wah klo soal biaya haha emang udah naik ya kan gan
      alhamdulillah agan udah ngabarin soal ini semua

      wah jauh gan haha klo sambil jalan, enaknya ya telpon dlu, klo perlu kesana nah baru

      oh iya menurut situs ini sih http://iief.or.id/media.php?module=program&show=schedule&halaman=2
      ada memang yg diadakan UM, dan saya emang paling yakin juga disitu, tapi tanggalnya itu lho gan
      saya kalo bisa secepatnya dah dapat sertifikat sebelum akhir agustus ini

      jadi klo dilihat dari halaman 1, seperinya saya akan coba ke UIN Maulana Ibrahim
      itu bagaimana gan?

      Delete
    5. Yup, kurang lebih begitu gan. Kalau sekarang yang mengurusi fakultas bahasa dan sastra untuk yang umum, bkn ITC lg.

      Wah, butuh cepat ya gan. UIN kurang tahu saya gan kredibilitasnya gimana. Tapi tidak ada salahnya dicoba gan. Toh UIN termasuk salah satu kampus besar di Malang.

      Delete
  6. Kak, jarak antara daftar sama waktu tesnya lama ga? Aku mau masuk semester 7 dan baru mau daftar ini.
    Sama tes toefl dan ic3 itu ada setiap bulan? Atau bulan2 tertentu ajasih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak tes dengan pendaftaran tergantung kuota sih.

      Kalau jaman saya dulu tiap bulan ada, bahkan tiap minggu, tinggal kuotanya masih ada atau tidak.

      Delete
  7. Kak saya angkatan 2015, saya baru liat kalo di website BLC itu ada jadwal tes toefl dan udah dekat tanggalnya. Itu berarti saya wajib ikut tes sesuai sama tanggal yg di jadwal itu yaa? Bisa ngga kita reschedule? Soalnya saya emang belum daftar tapi angkatan saya semuanya sudah ada nama dan jadwalnya. Bagaimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BLC itu Brawijaya Language Center bkn ya?

      Oh, kalau untuk angkatan yang baru masuk biasanya itu untuk semacam try out saja. Sejak dulu memang ada dan tidak wajib hukumnya, saya sendiri dulu tidak ikut.

      Mengenai bisa reschedule atau tidak bisa ditanyakan sendiri ke pihak terkait :)

      Delete
  8. Kak saya angkatan 2015, saya baru liat kalo di website BLC itu ada jadwal tes toefl dan udah dekat tanggalnya. Itu berarti saya wajib ikut tes sesuai sama tanggal yg di jadwal itu yaa? Bisa ngga kita reschedule? Soalnya saya emang belum daftar tapi angkatan saya semuanya sudah ada nama dan jadwalnya. Bagaimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dijawab ya di atas. Mohon maaf balasnya agak lama karena memang baru membuka laptop kembali sore ini :)

      Delete
  9. maas maf mau tanya, alumni UB bisa kan ya daftar tes toefl itp?
    di FIB atau dmn ya sekrg daftarnya?
    dan mau tanya, hasilnya diambil berapa hari setelah melaksanakan tes ya mas? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Errrm, maksudnya ini daftar yg non-gratisan ya? Iya di situ. Karena kita membayar harusnya lumayan cepat jadinya, 1-2 minggu. Kalau ngga cepat jadinya protes aja.

      Denger-denger sih dari teman yang barusan ikut TOEFL ITP minimal sekarang 500 baru dapat sertifikat, dulu 450.

      Delete
  10. daftarnya di pusat bahasa FIB situ kan ya mas?
    oiya dapat sertifikat itu minimal score nya berapa ya mas? terimakasih

    ReplyDelete
  11. maaf mas mau tanya, seumpamanya kalo nilai tidak diatas 450, apa hrs ngulang lagi? soalnya temen" saya banyak yg blg hrs ngulang supaya bisa wisuda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebijakan jurusan/fakultas masing-masing sih. Tapi saran saya sih mending dilulusin aja. Lumayan itu buat syarat lamaran kerja (kalau ingin jadi karyawan) atau bisa juga buat syarat S2.

      Delete
  12. mas kalo mau liat nomor sertifikatnya sama tanggal terbitnya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tanggal terbitnya di kiri bawah sertifikat seperti gambar di atas. Kemungkinan besar nomor sertifikatnya juga di situ (yg paling bawah), atau mungkin ada nomor lainnya di belakang.

      CMIIW..

      Delete
  13. maaf mau tanya mas, untuk tes toefl UB tapi bukan mahasiswa UB bisa gk?
    saya ikut tes toefl karna mau masuk S2 di UB
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas/mbak saya baru sempat cek blog.
      Untuk sekarang ini saya kurang tahu karena banyak sekali antrian untuk mahasiswa UB sendiri.

      Tetapi bisa dicoba ditanyakan langsung di INBIS jika berdomisili di Malang. Kalau dulu bisa, tetapi pastinya membayar karena bukan merupakan mahasiswa UB.

      Delete
  14. Mas maaf mau tanya, saya mau daftar wisuda kalau pakai sertifikat TOEIC bisa nggak? dulu saya pernah ikut TOEIC di INBIS tahun 2015...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa jika TOEIC-nya adalah program yang dilaksanakan oleh UB, bukan bayar sendiri. Tetapi setahu saya sejak 2015 program yang dilaksanakan oleh UB adalah TOEFL-ITP.

      Jika memang itu mengikuti program yang diikuti oleh UB (dan gratis) bisa dicoba dan diurus ke recording jurusannya, asal masa berlakunya belum habis.

      Delete
  15. iya, TOEICnya program UB, sertifikasi TOEIC. Masa sertifikatnya sudah habis Juni kemarin sih, bisa gk ya? sya ikut tes TOEFL di Learning Development Center FEB UB, sertifikatnya bisa dipakai nggak y kira2?
    sbnarnya mau ikut tes TOEFL-ITP, tapi pas daftar katanya bayar 450rb, padahal didalam ub.. kalau mau ikut gratisan di mana y mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah daftar yg di INBIS? Harusnya sih gratis, minimal gratis sekali. Klo ngulang ada kemungkinan membayar.

      Delete
  16. yg 450k itu yg di inbis, ini daftar yg di LDC FEB UB, bkan INBIS sih, tp didalam UB. bru mau ikut sekali, dulu ikut TOEIC. sertifikat dari TOEFL LDC FEB UB bisa nggak ya mas kira2? klo sertifikat TOEIC saya sdh kadaluarsa, bisa dipakai daftar wisuda nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus yg dr INBIS, karena sudah terintegrasi dengan SIAM. Nanti scorenya akan secara otomatis akan keluar di SIAM (kalau masih sama dengan yg dulu).

      Kalau baru pertama kali ikut harusnya ngga bayar bro. Coba cari tahu info dari teman-teman sejurusan lainnya. Atau mungkin jangan-jangan yg TOEIC dulu udah dianggap ikut sekali.

      Kalau sudah kadaluwarsa ya sudah tidak bisa, apalagi sudah terlalu lama perpindahan dari TOEIC ke TOEFL-ITP.

      Delete
  17. wah, pdahal yg di LDC FEB UB itu ada di dalam UB sih, bisa registrasi dari fakultas mana saja yg penting UB, pnya sy TOEIC sdh kadaluarsa.. masa gk bisa y? pengen ikut TOEFL-ITP tp byar 450k, itu sy mau registrasi di BLC... registrasi TOEFL-ITP UB dimana y mas? BLC UB atau INBIS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk keperluan lain bisa digunakan yg dari non-INBIS. Tetapi khusus syarat wisuda yang dari INBIS.

      Delete
  18. Mas mau tanya dong, jarak tes sama dapet hasil dan sertifikatnya dulu berapa lama ? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu keluarnya sekitar 1-3 bulan, kebetulan periode saya dulu tergolong yang cepat keluarnya, sekitar 1 bulanan..

      Delete
  19. temen saya dapet 457 score nya kok ga dapat sertifikat ya? hanya lembaran saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti standarnya sudah naik. Mungkin sekarang harus 500++ untuk bisa mendapatkan sertifikat..

      Delete
  20. Mas, saya mau nanya nih, kalo semisal dari univ lain mau daftar tes toefl di ub itu apa langsung ke gedung pusat bahasanya atau gmn? Ada link website pusat bahasanya nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa coba disearch sendiri ya, saya mau ngasih link takut salah karena sudah lama tidak update info tentang UB :)

      Delete
  21. Permisi mau tanya, tes toefl dari ub ini bisa diikuti di semester awal atau tidak? Lalu masa berlaku sertifikatnya berapa tahun?

    ReplyDelete
  22. Permisi mau tanya, apakah tes toefl ub ini bisa diikuti di semester awal? Apa kesempatan tes gratisnya cuma 1x? Lalu masa berlaku sertifikatnya berapa tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya baru sempat mengecek blog ini lagi.

      Seharusnya di semester awal ada semacam try out untuk TOEFL, jadi tidak langsung mengikuti tesnya karena mubazir.

      Sertifikat semacam ini hanya berlaku 2 tahun. Ya, jika kebijakannya masih sama seharusnya yang gratis cuma 1x, selanjutnya berbayar.

      Delete
  23. Ngurus berkas2nya ke rektorat lantai brp mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumen apa dulu ini?

      Sepertinya kalau saya jawab juga sudah tidak relevan lagi. Sudah cukup lama saya membuat postingan ini.

      Delete
  24. Replies
    1. Beda-beda gan, tergantung jurusan dan fakultas. Bisa ditanyakan ke tempat tesnya saja. Mungkin masih di INBIS? Mohon maaf karena ini postingan lama :)

      Delete

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More