-->

IBX5A740B417051C

Sunday, January 3, 2016

2016 : Tahun Ini Harus Lebih Baik dari Tahun Kemarin


2016

Tahun 2016 telah tiba. Tidak terasa waktu berputar begitu cepat, khususnya untuk mereka yang beranjak dewasa. Untuk mereka yang bijak dan sadar akan pentingnya waktu, pasti mereka tidak akan berhura-hura pada saat malam tahun baru kemarin. Mereka lebih cenderung merenung dan merencanakan sesuatu dengan lebih cermat lagi ke depannya. Merenung bukan berarti bermuram durja, tetapi merefleksi apa saja yang telah kita lakukan selama ini. Kita ambil sisi positif dan kita lanjutkan, sedangkan sisi negatif kita buang dan kita ganti dengan sesuatu yang positif.

Blog ini termasuk salah satu yang harus saya evaluasi. Mari kita bedah apa saja sisi positif dan sisi negatif yang sudah saya lakukan bersama blog ini.

Ada baiknya membahas sisi gelap alias negatif terlebih dahulu. Happy ending pasti lebih disukai bukan daripada sad ending? Oke, salah satu sisi negatif paling menonjol dari blog ini adalah tidak konsistennya frekuensi pembuatan post pada blog ini. Sempat rajin membuat post pada 2 tahun awal sejak blog ini berdiri (2008-2009), tetapi kemudian angin-anginan pada beberapa tahun berikutnya (2010-2014). Memang pada periode angin-anginan tersebut saya sedang berjuang memperbaiki nilai di jurusan saya yang memang terkenal angker. Namun sebenarnya itu tidak dapat dijadikan alasan. Seingat saya pada jangka waktu tersebut saya lebih fokus meraih pendapatan secara online dari sumber lainnya selain blog.

Selain inkonsistensi pembuatan post, konten pada blog saya para periode selama 6 tahun tersebut (2008-2014) lebih banyak didominasi konten yang tidak original, terutama konten tentang lirik lagu. Walaupun mungkin saya membuat sendiri tulisannya dengan cara mendengarkan lagu kemudian menuliskan liriknya, jelas ini tidak dapat disebut sebagai original, karena pasti banyak orang lain yang juga menuliskan konten tentang lirik lagu. Isinya pasti sama kan, tinggal stylenya saja yang berbeda.

Pada akhir tahun kemarin, Desember 2015, saya juga sempat membuat kesalahan bodoh dengan memasang program berbayar lain selain Google AdSense, yaitu Bidvertiser serta CPMLeader (baca : Hati-Hati Iklan Bidvertiser Dapat Menurunkan Ranking Google Index Web/Blog). Alhasil, satu post saya yang sedang trending kini dimatikan oleh Google dan sudah mulai menghilang dari hasil pencarian Google. Padahal post saya itu merupakan hasil pencarian teratas untuk kata kuncinya (baca : Driver Modem GSM SpeedUp untuk Windows 8.1). Huhu, sedih juga.

Sekarang mari beralih ke sisi positif. Mulai pertengahan akhir tahun kemarin saya mulai rajin menulis post tepatnya sejak saya menyelesaikan skripsi saya di bulan Agustus. Saat itu target saya hanya satu post per bulan. Dan pastinya original. Sebenarnya memang saya suka menulis, hanya saja kalau sudah menulis biasanya tulisan saya menjadi terlalu panjang. Karena terlalu panjang jadinya saya rada-rada malas kalau harus menulis lagi. Hehe. Jadi target satu bulan satu post sepertinya sudah ideal.

Puncaknya adalah bulan Desember kemarin. Saya menuliskan 12 post dalam satu bulan. Dan itu semua original. Mungkin ada sumbernya tentang referensi tatapi 80%++ hasil pemikiran saya sendiri. Ada perasaan puas yang saya rasakan. Memang belum terlalu trending atau banyak pengunjungnya, tetapi itu wajar. Blog yang mengandalkan mesin pencari sebagai sumber pengunjung utama biasanya memerlukan beberapa bulan sebelum post itu menjadi populer. Paling tidak satu bulan.

Karena itulah target saya untuk blog ini pada tahun 2016 tidak muluk-muluk. Hanya melanjutkan membuat post secara konsisten frekuensinya. Satu post per bulan sepertinya terlalu sedikit. Mungkin bisa saya tingkatkan menjadi 1 post per minggu. Harusnya bisa, karena weekend kita bisa menyisihkan waktu sekian jam saja untuk menulis. Apalagi saya yang belum bekerja lapangan ini dan hanya mengandalkan pekerjaan online saja, harusnya 1 post per hari bisa saja.

Semoga tahun 2016 ini menjadi titik balik kita semua untuk menuju ke arah yang lebih baik.

Sumber Gambar :
http://cdn1.theodysseyonline.com/files/2015/12/26/635867577853258225788922097_6%20odyssey.jpg

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More