-->

IBX5A740B417051C

Friday, September 2, 2016

Postingan Terakhir di fair-de.com?

Kira-kira sebulan belakangan ini mulai terpikir untuk mengakhiri tulisan di blog ini. Bukan mengakhiri ngeblog, tetapi pindah tempat saja, dari Blogger ke Wordpress self-hosted. Yah, minimal biar ada pengalaman pake Wordpress lah, walaupun sebenarnya menurut saya pribadi Blogger ini lebih bagus daripada Wordpress jika tidak ada keterbatasan yang hanya bisa diakali dengan cara mempunyai hosting sendiri. Sayangnya ngga ada sih Blogger self-hosted, haha.


Yang pasti di rumah baru nantinya, saya ingin membuat kategorinya menjadi lebih rapi, tidak seperti di blog ini. Itu salah satu kekurangan Blogger. Kategorinya (atau disebut label di sini) tidak bisa mempunyai anak. Jadinya cukup sudah juga.

Maksudnya kategori punya anak (sub-kategori)? Begini contohnya, misalkan saja nih yang mudah ada kategori game, nah itu kan bisa dikelompok-kelompokkan lagi, misal game PC, PS4, Xbox, dan lain-lainnya. Nantinya dari kategori anak itu masih bisa "dianakkan lagi kan"? Game PC misalnya bisa dianakkan lagi menjadi misal langsung spesifik saja seperti Dota 2, Point Blank, dll. Nah, fitur itu tidak ada di Blogger. Bisa sih diakali walaupun tidak menggunakan kategori anak, tetapi akan cukup menyusahkan.

Tapi... Untuk blog baru nantinya akan dibedakan tiap niche-nya, tidak digabung menjadi satu seperti di sini. Blog ini pun sebenarnya dulu hanyalah blog tentang entertainment and technology. Namun di tengah-tengah perjalanan saya tiba-tiba ingin juga menulis tentang sesuatu di luar topik tersebut dan jadilah seperti sekarang ini.

Ide awalnya sih mau bikin banyak blog di Blogger (blogspot), tetapi mengingat untuk mengurus tema dan lain-lain cukup merepotkan jika dikerjakan satu-satu, akhirnya diputuskan digabung di blog ini. Not bad. Traffic blog ini sekarang sekitar 500 views per harinya.

Rencana untuk Domain Baru

Untuk domain baru nanti ada rencana seperti ini, main domain digunakan sebagai wadah cerita pribadi saya sendiri, kemudian untuk topik-topik lain saya gunakan sub domain dari domain utama tersebut. Jadinya cukup rapi kan? Dan lagi dengan Wordpress Multisite, tema dari domain utama bisa dicopy dengan mudah.

Yang pasti, kenyataan tidak akan seindah rencana (biasanya). Kemungkinan besar domain baru nanti hanya akan saya gunakan domain utamanya dulu agar minimal saya bisa menulis dengan bebas, yang penting keinginan saya untuk menulis terpenuhi, haha. Selebihnya untuk tulisan-tulisan yang tidak berhubungan dengan kisah pribadi akan tetap saya tulis di sini.

Entah kenapa, memang saya sedang sangat ingin menulis tentang kisah pribadi saya. Walaupun saya mengatakan bahwa ini kisah pribadi, belum tentu tidak berguna bagi orang lain. Minimal lah ya, para pembaca akan menganggap ini sebagai suatu kisah novel, haha. Tapi bisa saya pastikan bahwa ada kisah-kisah yang bermanfaat, seperti contohnya post paling populer di blog ini, yaitu "Solusi untuk Mengatasi Android yang Tidak Bisa Bergetar (Vibrate) karena Terjatuh".

Langkah awal sih itu. Selanjutnya jika domain utama sudah rapi, rencana selanjutnya adalah membuat sub domain baru perlahan-lahan hingga akhirnya ada beberapa blog yang bisa saya isi secara rutin. Dan isi semuanya murni dari tulisan saya sendiri. Tidak seperti di blog ini yang masih ada menyalin informasi dari web lain (walaupun memang harus disalin untuk dipromosikan).

Bingung juga tapi, nantinya domain yang ini (fair-de.com) mau dikemanakan ya? Rugi juga kalau dibiarkan menguap begitu saja. Ah, sudahlah. Mari kita pikirkan itu esok hari. Mari menuju tempat tidur agar mata ini tidak mengeluh saja. Byee!



Sumber Gambar:
https://news.rumahrei.com/wp-content/uploads/2016/03/pindah_rumah.jpg

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More