-->

IBX5A740B417051C

Wednesday, October 22, 2008

Bahasa Indonesiakuu . .

Huaaa . .
Setelah saya pikir, egois juga saya ini. Bahasa orang lain dipakai, tetapi bahasa nasional sendiri dilupakan . Akhirnya saya pun memilih untuk menulis pos dalam blog saya ini dalam dua bahasa secara acak [Inggris/Indonesia] tergantung keinginan mood saya. Tetapi kemungkinan besar saya akan memakai bahasa Indonesia dalam porsi yang lebih besar (hehe 40 : 60 lah) karena jiwa nasional saya yang cukup besar .

Apalagi saat ini cukup banyak orang Indonesia yang mulai melupakan bahasanya sendiri. Pernah saya melihat sebuah blog milik orang Indonesia dan di bagian shoutbox dan bagian comment terdapat tulisan dari pengunjungnya yang menggunakan Bahasa Indonesia lalu dia pun membalas semuanya dengan tulisan "In English please". Dalam hati saya bergumam, "Sombong amat nih orang, shoutbox dan komentar pake Bahasa Indonesia aja dipermasalahin. Kaya' dia bukan dari Indonesia aja."

Mungkin maksud dari orang itu jika ada orang luar negeri yang membaca blognya akan mengerti semua tulisan yang terkandung di dalamnya, tetapi bukankah itu hanya sebuah komentar atau tulisan pembaca yang tidak akan mempengaruhi isi dari postingan orang tersebut. Yang cukup kocak setahu saya komentar-komentar maupun tulisan shoutbox yang ada di dalam blog tersebut semuanya berasal dari temannya yang notabene ORANG INDONESIA. Ini sih benar-benar pembuat blog yang sok Bahasa Inggris .. Mungkin ini sepele, tapi kalo berlebihan lama-lama akan menjurus ke arah yang tidak baik.

Saya sendiri sebenarnya cukup malas dalam membaca postingan bahasa Inggris kecuali dalam keadaan terpaksa, misalnya karena sangat membutuhkan, karena postingan tersebut berhubungan dengan hal yang saya sukai, blog atau web tersebut milik teman sendiri, dll. Karena itu saya maklum jika pembaca dari Indonesia akan cukup sebal dengan isi postingan saya sebelumnya yang hanya menggunakan bahasa Inggris saja, sehingga akhirnya saya memutuskan untuk menulis postingan dalam bahasa Indonesia juga. Selain memudahkan Anda dalam memahami juga berguna untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog saya ini .

Sebelumnya saya menulis sebagian besar postingan dalam Bahasa Inggris terkait dengan syarat pendaftaran Google Adsense yang mengharuskan kita menggunakan bahasa yang sudah diakui (sayangnya Bahasa Indonesia belum termasuk, sehingga terpaksa dari berbagai bahasa yang diakui cuma Bahasa Inggris yang saya bisa, sehingga Bahasa Inggrislah yang saya pilih) sehingga terpaksa saya menulis ulang (eh lebih tepatnya mengedit) sebagian besar post di dalam blog ini ke dalam Bahasa Inggris. Tidak sia-sia usaha saya, 4 hari setelah saya mendaftar, saya langsung diakui sebagai anggota dari Google Adsense. Setelah diakui menjadi anggota, baru kita bebas menulis dalam bahasa apapun (ngga bebas juga sih, supaya iklannya muncul setidaknya masih ada bagian dalam blog saya ini yang masih berbahasa Inggris, dan kadang-kadang saya masih akan menulis post dalam Bahasa Inggris maupun tulisan campuran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris walaupun yang bahasa Inggris sebagian besar hanya copy paste saja huehuehue . . ).

Ah, sudahlah kok malah nyambung ke situ. Kesimpulannya, walaupun saat ini kita sudah memasuki masa globalisasi jangan sampai kita melupakan Bahasa Indonesia kita sendiri, justru seharusnya kita berusaha agar Bahasa Indonesia kita lah yang menjadi bahasa internasional .

Amiin . .

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More