-->

IBX5A740B417051C

Friday, December 4, 2015

[Dota 2] Maraknya Penggunaan Nickname dan Avatar Saitama/One Punch Man


Saitama the One Punch Man/Caped Baldy

Saya hanya bisa melongo melihat Saitama menjadi terkenal dalam 2 bulan belakangan di dunia Dota 2. Setelah saya telusuri, munculnya anime dari One Punch Man menjadi penyebabnya. Anime tersebut disiarkan mulai tanggal 4 Oktober 2015. Yah, walaupun seharusnya hanya bisa disaksikan di Jepang dan Amerika yang mempunyai hak siar, tetapi dengan era internet sekarang ini semua bisa diakali. Walaupun sebenarnya bukan cara yang legal. Sama sih, membaca manga scan dari internet juga ilegal karena sebagian besar tanpa ijin dari penulis aslinya.

Lucu juga ya. Padahal sekitar pertengahan tahun lalu sampai awal tahun ini saya juga memakai nickname dan avatar One Punch Man ataupun Saitama. Dan itu tidak ada saingannya sama sekali. Satu orang pun tidak ada di Dota 2. Sebentar, setidaknya user Dota 2 yang terintegrasi di Dotabuff. Ada yang tidak tahu tentang Dotabuff? Nanti saya bahas secara khusus di post selanjutnya. Saya search waktu itu sama sekali tidak ada yang memakai nickname Saitama, One Punch Man, OPM, ataupun Caped Baldy. Saitama saja waktu itu belum terkenal apalagi side character OPM. Okelah Genos yang terlihat cukup keren saya coba search, dan tidak ada juga.

Mari kita simak screenshot yang saya ambil dari Dotabuff berikut ini.

Hasil Pencarian "One Punch Man" di Dotabuff
Pencarian di Dotabuff dengan kata "One Punch Man"

Hasil Pencarian "Saitama" di Dotabuff
Pencarian di Dotabuff dengan kata "Saitama"

Memang hasil pencarian menunjukkan bahwa hanya terdapat 150 orang untuk keduanya, tetapi sebenarnya lebih dari itu. Karena terlalu banyak yang menggunakan jadinya hanya difilter jadi 150 saja. 150 merupakan batas maksimal yang dapat ditampilkan.

Oke, itu tadi nickname sekarang kita bahas tentang avatar. Walaupun tidak menggunakan nama Saitama (dan sejenisnya), banyak orang yang menggunakan avatar Saitama. Haha, saya pribadi jadi sedikit ada perasaan gimana gitu melihat OPM menjadi pasaran.

Aneh, padahal dalam hampir sebagian besar situs penyedia manga scan, OPM menempati deretan teratas populer manga. Kok ya aneh di dunia Dota 2 tidak ada yang memakai sama sekali sampai menjadi akhirnya anime. Kalau sudah booming sejak masih dalam era manga saja saya terima, tetapi ini boomingnya baru setelah ada anime. Saya pribadi sih sudah tahu bahwa ini bakalan booming, tetapi di komunitas Dota 2 ini terlalu telat.

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More