-->

IBX5A740B417051C

Wednesday, December 9, 2015

Hati-Hati Iklan Bidvertiser Dapat Menurunkan Ranking Google Index Web/Blog


Logo Danger
Logo Bidvertiser

Kemarin tiba-tiba jumlah pengunjung ke blog saya berkurang drastis, kurang dari 25% rata-rata pengunjung per hari. Saya coba utak-atik kata kunci yang manuju blog saya di Google. Hasilnya terindex, tetapi untuk beberapa kata kunci populer yang blog saya kuasai ternyata postingan saya hilang dari halaman 1 penelurusan Google, bahkan tidak ada di halaman 2-10 penelurusan Google. Saya coba search dengan kata kunci site:fair-de.com dan ternyata sebenarnya ada postingan saya yang menguasai kata kunci tersebut. Wah ada yang tidak beres ini.

Saya pun mencurigai ini gara-gara saya mulai memasang iklan Bidvertiser sejak 2 hari sebelumnya. Iklan Bidvertiser ini memang ada yang berupa pop-up dan pop-under dan saya tidak tahu situs-situs ini berbahaya atau tidak. Yang saya tahu memang iklan pop-up dan pop-under ini cukup mengesalkan buat pengunjung, terutama pop-under karena jika kita mengklik link lain dari web/blog yang bersangkutan, akan muncul juga iklan di tab atau halaman baru.

Malam hari kemarin ternyata masih belum benar juga Ranking Google Index beberapa post saya dan akhirnya saya putuskan untuk membuat post baru untuk men-trigger agar rankingnya kembali seperti semula. Cukup berhasil untuk menaikkan popularitas beberapa post, tetapi untuk post yang biasanya paling banyak memberikan traffic masih belum dapat terakses di Google.

Padahal sejak mendaftar, saya sudah men-disable iklan pop-up dan pop-under dari Bidvertiser. Dan ternyata pop-under masih bisa muncul sewaktu-waktu ketika saya mencoba mengakses blog saya ini, untuk pop-upnya saat saya mencoba tidak pernah muncul. Begitu mengetahui hal ini langsung saya hilangkan iklan Bidvertiser dari blog saya. Sekarang mencari tahu cara mengembalikan Ranking Google Index seperti semula.

Setelah mencari di Google, akhirnya saya menemukan diskusi pada forum Google ini . Terlihat bahwa iklan pada Bidvertiser ada yang mengandung malware. Oh, man berarti itu semacam iklan-iklan ketika saya berselancar menggunakan Android yang annoying itu.

Dari forum tersebut saya dapatkan link Google Transparency Report, tepatnya Safe Browsing Site Status dan saya kaget ketika mendapati situs saya berada pada kondisi "Dangerous". Pantas saja, memang situs yang tergolong "dangerous" harus dikucilkan dari google index.


Sesuai arahan dari forum diskusi, saya langsung menuju Google Webmasters. Hasilnya terlihat seperti di bawah ini.


Sama seperti hasil pada Safe Browsing Site Status, ada tanda seru merah. Saya masuk dashboard >> security issues.


Benar saja, security issues pada blog saya berasal dari malware and unwanted software. Karena saya sudah menyingkirkan iklan dari Bidvertiser, langsung saya centang "I have fixed these issues" dan klik request a review pada pukul 07.34.


Akan muncul window kecil yang berisi pesan pastikan bahwa kalian telah membersihkan situs kalian terlebih dahulu sebelum request a review. Terdapat juga box untuk menulis alasan tentang apa yang terjadi sehingga situs kalian terkena peringatan. Ketik saja alasannya, dan submit.


Tinggal menunggu hasil dari review yang dilakukan team Google. Uh ada yang terlupa, parahnya status "dangerous" ini juga membuat Google Ads di blog saya ini tidak menampilkan iklan untuk sementara (semoga). Karena tidak ada pemberitahuan dari Google di email saja hingga post ini dipublish. Untuk hasilnya akan saya laporkan di post selanjutnya.

Sumber Gambar :

Danger Sign
http://programadeafiliados.org/wp-content/uploads/2008/09/danger-150x150.jpg

Bidvertiser
http://www.bidvertiser.com/BidVertiser/Images/logo_SHIK.gif

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More