-->

IBX5A740B417051C

Sunday, April 3, 2016

Spotify : Dengarkan Musik di Mana Saja dan Kapan Saja secara Gratis

Spotify

Bagi orang Indonesia, mungkin nama Spotify masih terdengar asing. Wajar saja, hal ini dikarenakan Spotify baru saja masuk Indonesia pada 30 Maret yang lalu. Berbeda sekali jika Anda mendengar kata JOOX, sebagian besar mungkin sudah ada yang tahu karena JOOX melakukan promosi besar-besaran beberapa saat yang lalu di Indonesia.

Awalnya saya sendiri tidak menyangka bahwa Spotify baru saja diluncurkan di Indonesia. Karena saat itu pada tanggal 31 saya iseng-iseng mengecek web Spotify dan ternyata Spotify sudah bisa diakses dari Indonesia. Eh, setelah mencari informasi barulah saya dapati bahwa sehari sebelumnya Spotify ini baru saja diluncurkan di Indonesia.

Sebelumnya memang saya sering sekali mengecek website Spotify untuk mengecek apakah sudah bisa diakses di Indonesia atau belum. Sayang sekali kata "sorry bla bla bla" selalu saya dapatkan ketika mengakses website Spotify. Intinya sih layanan Spotify belum bisa diakses dari Indonesia. Padahal Spotify sendiri sudah ada sejak tahun 2006 silam.

Spotify sendiri saya ketahui dari teman saya yang berada di Singapura, Malaysia, dan Taiwan. Kira-kira sekitar tahun 2011-2012. Saat itu memang saya sedang mencari layanan streaming musik yang legal, sudah jamannya internet hendaknya kita tinggalkan yang berbau ilegal. Ada sih memang di YouTube yang legal, tapi streaming video tentunya lebih menguras memory komputer serta bandwidth internet dibandingkan dengan streaming musik saja.

Sejak mendapat info itulah saya jadi sering mengakses web Spotify untuk mengecek apakah sudah tersedia di Indonesia atau belum. Ternyata kenyataan tidak seindah yang diinginkan. Sejak 2015 awal akhirnya saya mulai jarang mengecek web Spotify karena sudah mulai sibuk skripsi. Dan ternyata itu berlanjut hingga sebelum tanggal 31 Maret kemarin.

Tampilan Spotify pada Komputer dan Smartphone

Oke-oke, mungkin daritadi saya membahas Spotify tapi mungkin ada yang belum paham tentang apa itu Spotify. Spotify ini adalah layanan streaming musik secara legal, dulu hanya bisa diakses lewat aplikasi komputer atau web saja, tetapi berhubung sekarang jamannya mobile, kita juga sudah bisa mengaksesnya dari Android/iOS.

Untuk menikmati layanan Spotify kamu tidak perlu mengeluarkan biaya seperti jika kita membeli MP3 pada iTunes. Mungkin yang kita butuhkan hanya biaya untuk paket data saja, bukan layanan Spotifynya.

Kekurangan menggunakan layanan gratis mungkin hanya sesekali kita akan mndengarkan iklan sekitar 30 detik. Not bad sih, anggap saja mendengarkan radio.

Nah, jika tidak ingin mendengarkan iklan, kalian bisa berlangganan layanan Spotify Premium dengan biaya sebesar Rp 49.990,00/bulan. Selain tidak ada iklan, keuntungan lainnya dari Spotify Premium adalah kita bisa mendengarkan musik yang sudah kita putar secara offline. Katanya sih audionya juga berkualitas tinggi. Kurang tahu juga karena pada versi gratisan saja saya kira sudah cukup mewah kualitas suaranya.

Masih penasaran? Langsung saja cek websitenya yang ada di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap.


Referensi dan Sumber Gambar :
https://www.spotify.com/id/

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya dengan konsentrasi Rekayasa Komputer.
Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More